Senin, November 11, 2013

Korporasi Edukasi

Dinamika perkembangan dunia pendidikan tinggi di Indonesia seakan menjadi semakin liberal, apalagi dengan diberlakukannya undang-undang Badan Hukum, untuk perguruan tinggi negeri yang menyebabkan perguruan tinggi mengusahakan sendiri secara administrasi dan keuangannya. Tak pelak, mengurus perguruan tinggi tak ubahnya seperti mengurus perusahaan. Dan nantinya cara-cara perguruan tinggi beroperasi akan sama dengan perseroan terbatas. Lobi-lobi politik dilakukan, deal-deal besar dilaksanakan, mudah-mudahan saja ini tidak dikotori oleh kepentingan lain yang bersifat material belaka. Dialektika berkembang ketika perguruan tinggi harus mencari uang sendiri untuk kegiatannya, ada pro dan kontra. Mengingat dengan cara ini netralitas perguruan tinggi tidak bisa dijaga. Di sisi lain yang pro tentunya berharap pemasukan perguruan tinggi akan menurunkan biaya untuk menikmati layanan perguruan tinggi. Hal ini sah-sah saja mengingat pemasukan dari perguruan tinggi sebagian besar masih dari siswa-siswi nya. Dalam kasus dagang seperti ini hukum dagang pun berlaku, yang diperdagangkan adalah antara kualitas dengan kuantitas pemasukan dari segi materi, nah ini yang harus kita cermati bersama.

Dikabarkan dari sebuah kampus terkemuka, bahwa rapat tengah dilaksanakan antara perwakilan perguruan tinggi tersebut dengan perusahaan "M". Berkaitan dengan penanaman "saham" ke perguruan tinggi tersebut untuk mendirikan sebuah pusat riset ber bendera M. Kerjasama yang sangat strategis bagi kedua belah pihak, manakala dilihat dari sisi ekonomi. Perguruan tinggi akan mendapatkan dana segar untuk berbagai keperluan, sementara ini merupakan keuntungan jangka panjang bagi perusahaan "M", berkaitan dengan sumber daya manusia dan tentu saja kepentingan dagang nya di Indonesia.

Perundingan sudah sampai tahap akhir, MoU telah dilaksanakan, tinggal teken kontrak perjanjian saja. Tiba-tiba bapak T berdiri. Bapak T ini adalah salah satu perwakilan dari perusahaan M.

"terima kasih bapak -  bapak sekalian, saya ingin menyampaikan bahwa bos kami di kantor pusat menyatakan sangat gembira dengan kesepakatan ini yang tentunya ini membuat kita semua senang, applause untuk kita semua", katanya disambung dengan tepuk tangan hadirin.

"kami melihat ini adalah langkah yang strategis bagi masa depan pendidikan Indonesia", ia melanjutkan.

"dan, masa depan yang cerah pula bagi bisnis kami", tutupnya.


_____






0 komentar:

 
taufik personal insight Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template